herbal
Minuman Tradisional

Pengolahan Minuman Tradisional

Teknologi pengolahan tanaman minuman tradisional terdiri dari beberapa tahapan yaitu sortasi, pencucian, penirisan atau pengeringan, penyimpanan dan pengolahan.

Sortasi dilakukan setelah panen pada komiditi tanaman minuman tradisional. Tanaman minuman tradisional yang diambil daun, rimpang atau umbi dibersihkan dari kotoran. Bagian tanaman yang sudah dipanen lalu dipisahkan dari bagian yang busuk, tanah, pasir maupun gulma yang menempel harus dibersihkan. Ada beberapa tanaman yang dihasilkan melalui umbi seperti jahe, kunyit, kencur dan keladi tikus.

Minuman tradisional merupakan budaya bangsa Indonesia yang diwariskan secara turun temurun dan dikembangkan dari generasi ke generasi, sehingga menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi, memberikan manfaat bagi kesehatan dan dapat menjadi identitas bangsa. Meningkatnya kecenderungan masyarakat untuk trend back to nature menuntut tersedianya produk berbahan alam yang aman, bermutu dan bermanfaat serta dikemas secara praktis sesuai dengan pola hidup modern.

 

herbal
Minuman Tradisional